Inspirasi-Aksara-Nusantara

Beraksara Satu..Aksara Indonesia!

Pernahkah Anda membayangkan bahwa Sumpah Pemuda tidak hanya berisi 3 (tiga) rumusan. Andai saja ditambah 1 (satu) rumusan lagi mungkin selain bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, bisa jadi beraksara satu.. Aksara Indonesia! Yup, bisa juga kita sebut Aksara Nusantara karena Indonesia dengan beragam suku dan budaya juga mempunyai beragam aksara di tiap daerahnya.

poster perbandingan aksara
poster perbandingan aksara

Sebagai orang Indonesia, saya pribadi tentu sangat menginginkan negeri kita tercinta ini mempunyai aksara sendiri yang patut dibanggakan, seperti halnya Jepang yang sangat bangga dengan Hiragana-nya. Arab dengan Hijaiyah-nya. Atau paling dekat dengan negara kita, Thailand dengan huruf Thai-nya. Memang diakui dengan beragamnya suku dan budaya begitu juga dengan aksara di negeri ini akan sangat tidak bijak untuk memutuskan salah satu aksara dari sekian banyak aksara dari berbagai daerah untuk dijadikan Aksara Indonesia.

huruf thai
huruf thai

Mungkin yang lebih realistis adalah menjadikan aksara-aksara seperti Aksara Hanacaraka di Jawa, Aksara Lontara di Bugis, Aksara Rejang di Jambi, Aksara Rencong di Bengkulu dan Lampung bisa mendapatkan tempat yang pantas di daerahnya masing-masing. Sebagai contoh untuk aksara Hanacaraka dapat digunakan secara maksimal di Jogja, mengingat banyak warisan budayanya yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik. Pemprov Jogja sebenarnya sudah melakukan usaha ke arah tersebut dengan membuat papan nama setiap jalan dengan huruf Latin yang dirangkai dengan Aksara Hanacaraka dan ada kabar bahwa pelajaran Bahasa Jawa diwajibkan sampai sekolah menengah atas. Sebuah usaha yang bagus.

aksara jawa jalan malioboro
aksara jawa jalan malioboro

Namun, itu belumlah cukup menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk minimal paham membaca karena memang sudah banyak orang Jawa yang “buta” aksara Jawa. Dengan kenyataan itu perlu adanya “total immersion” aksara, yaitu dengan membombardir seluruh masyarakatnya untuk mau tidak mau akhirnya bisa membaca Aksara Jawa. Pemprov Jogja bisa membuat kebijakan dimana setiap produksi apapun itu entah makanan atau kerajinan harus mencantumkan kemasan/packaging-nya dengan aksara Jawa sebagai pendamping huruf Latin, misalnya dalam petunjuk penggunaan di setiap produk. Bisa juga mengeluarkan instruksi kepada seluruh UKM, kios, toko, bahkan supermarket untuk menambahkan aksara Jawa sebagai tulisan pendamping di papan nama atau neon board yang biasa dipampang di depan tempat usahanya.

Tidak menutup kemungkinan Pemprov Jogja bisa menjadi suri teladan bagi masyarakat dengan mengambil kebijakan dengan membuat plakat papan nama di setiap instansi dengan aksara Jawa. Bahkan jika perlu kerjasama dengan perguruan tinggi bidang seni semisal ISI untuk membantu desain dan teknik pengaplikasiannya di tempat-tempat strategis seperti tempat wisata, taman, maupun tempat peninggalan sejarah yang sangat ruah di wilayah Jogja.

Memang tidak mudah mewujudkan hal itu, tapi juga bukan hal yang mustahil. Selain peran serta dari pemerintah, kepedulian masyarakat dalam memelihara aksara Nusantara juga sangat menentukan. Sangat jarang memang untuk menemukan orang yang peduli dan mau mendalami tentang aksara Nusantara. Beruntung Tim GasingLab mengetahui salah satu orang itu. Namanya Aditya Bayu, seorang perancang huruf yang menaruh minat besar pada aksara Nusantara.Lihat karyanya di sini.

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa aksara Nusantara memiliki bentuk yang susah dimodifikasi ke dalam bentuk yang lebih menarik, namun dengan sangat mengagumkan Aditya Bayu berhasil mengembangkan beberapa aksara nusantara dengan membuat variasi tipografi yang sangat menawan. Salah satu contoh karyanya adalah ketika ia menggubah dengan sangat cemerlang beberapa logo yang sangat terkenal ke dalam aksara Jawa. Mulai dari Coca-Cola, Teh Botol Sosro hingga Instagram pun berhasil ia alih rupa dan alih aksarakan ke dalam aksara Jawa. Dan semoga karya Aditya Bayu ini menginspirasi kita semua untuk lebih peduli dengan kekayaan aksara yang kita miliki.

aksara jawa logo terkenal dunia
aksara jawa logo terkenal dunia
aksara jawa logo terkenal coca cola
aksara jawa logo terkenal coca cola
aksara jawa logo terkenal fanta
aksara jawa logo terkenal fanta
aksara jawa logo terkenal Instagram
aksara jawa logo terkenal Instagram
aksara jawa logo terkenal subway
aksara jawa logo terkenal subway
aksara jawa logo terkenal teh botol sosro
aksara jawa logo terkenal teh botol sosro

 

 

7 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *